Bentuk-Bentuk Galaksi

Print Friendly and PDF
Bentuk galaksi
Galaksi datang dalam tiga jenis utama: ellipticals, spiral, dan tak beraturan. Penjelasan yang sedikit lebih luas dari jenis galaksi berdasarkan penampilan mereka diberikan oleh urutan Hubble . Urutan sepenuhnya didasarkan pada jenis morfologi visual. Antara lain:

Elliptical

Tingkat sistem klasifikasi galaksi elips atas dasar keelipitasan mereka, mulai dari E0, yang hampir bulat, hingga E7, yang sangat memanjang. Galaksi-galaksi memiliki ellipsoidal profile, memberi mereka penampilan
elips terlepas dari sudut pandang. Penampilan mereka menunjukkan struktur kecil dan mereka biasanya memiliki relatif sedikit materi antar bintang . Akibatnya galaksi ini juga memiliki sebagian rendah cluster terbuka dan mengurangi tingkat formasi bintang baru. Sebaliknya mereka didominasi oleh yang lebih tua, pada bintang yang berevolusi yang mengorbit pusat gravitasi dalam arah acak. Bintang-bintang mengandung kelimpahan rendah unsur berat karena pembentukan bintang berhenti setelah ledakan awal. Dalam hal ini mereka memiliki beberapa kesamaan dengan jauh lebih kecil gugus bola.

Galaksi-galaksi terbesar yang ellipticals raksasa. Galaksi elips Banyak diyakini terbentuk akibat interaksi galaksi , sehingga tabrakan dan penyatuan. Mereka dapat tumbuh hingga ukuran besar (dibandingkan dengan galaksi spiral, misalnya), dan galaksi elips raksasa yang sering ditemukan di dekat inti kluster galaksi yang besar. Starburst galaksi adalah hasil dari suatu tabrakan galaksi yang dapat mengakibatkan pembentukan dari sebuah galaksi elips.

Spirals

Galaksi Spiral
Galaksi spiral terdiri dari cakram bintang yang berputar dan medium antarbintang, bersama dengan tonjolan pusat bintang umumnya lebih tua. Memperluas keluar dari tonjolan yang lengan relatif cerah. Dalam skema klasifikasi Hubble, galaksi spiral terdaftar sebagai tipe S , diikuti oleh surat ( a , b , atau c ) yang menunjukkan tingkat keketatan dari lengan spiral dan ukuran tonjolan pusat. Sebuah Sa galaksi telah rebak lebar, didefinisikan lengan buruk dan memiliki wilayah inti relatif besar. Pada ekstrem yang lain, sebuah Sc galaksi memiliki terbuka, yang didefinisikan dengan baik lengan dan wilayah inti kecil. Sebuah galaksi dengan lengan buruk didefinisikan kadang-kadang disebut sebagai galaksi spiral flocculent , berbeda dengan galaksi spiral desain besar yang memiliki menonjol dan terdefinisi dengan baik spiral lengan.

Dalam galaksi spiral, lengan spiral yang memiliki bentuk perkiraan spiral logaritmik , pola yang dapat secara teoritis terbukti menghasilkan dari gangguan dalam massa seragam berputar dari bintang. Seperti bintang, lengan spiral berputar di sekitar pusat, tetapi mereka melakukannya dengan konstan kecepatan sudut . Lengan spiral dianggap daerah kepadatan tinggi materi, atau " gelombang kepadatan ". Sebagai bintang bergerak melalui lengan, kecepatan ruang dari setiap sistem bintang dimodifikasi oleh gaya gravitasi dari kepadatan yang lebih tinggi. (Kecepatan ini kembali normal setelah bintang berangkat pada sisi lain dari lengan.) Efek ini mirip dengan "gelombang" dari slowdowns bergerak sepanjang jalan raya penuh mobil bergerak. Lengan terlihat karena kepadatan tinggi memfasilitasi pembentukan bintang, dan karena itu mereka menjadi tem[at berlabuh bintang terang dan muda.

Sebagian besar galaksi spiral memiliki, linier bar berbentuk band bintang yang meluas ke luar untuk kedua sisi inti, kemudian menggabungkan ke dalam struktur lengan spiral. Dalam skema klasifikasi ini, ditunjuk oleh SB , diikuti dengan surat huruf ( a , b atau c ) yang menunjukkan bentuk lengan spiral (dalam cara yang sama seperti kategorisasi galaksi spiral normal). Bar dianggap struktur sementara yang dapat terjadi sebagai akibat dari gelombang kerapatan memancar keluar dari inti, atau karena interaksi pasang surut dengan galaksi lain. Banyak galaksi spiral dilarang aktif, mungkin sebagai akibat dari gas yang disalurkan ke dalam inti sepanjang lengan.

Galaksi kita sendiri, Bima Sakti , adalah besar berbentuk cakram-galaksi spiral sekitar 30 kiloparsecs dengan diameter dan tebal kiloparsec. Ini berisi sekitar dua ratus miliar (2 × 10 11 ) bintang dan memiliki massa total sekitar enam ratus miliar (6 × 10 11 ) kali massa Matahari.

Bentukan Galaksi Lain

Galaksi Peculiar adalah formasi galaksi yang mengembangkan sifat yang tidak biasa karena interaksi pasang surut dengan galaksi lain. Contoh dari hal ini adalah galaksi cincin , yang memiliki struktur cincin seperti bintang dan medium antarbintang sekitarnya inti telanjang. Sebuah galaksi cincin diperkirakan terjadi ketika sebuah galaksi kecil melewati inti galaksi spiral. Peristiwa seperti itu mungkin telah mempengaruhi Galasi Andromeda , karena menampilkan cincin multi--seperti struktur bila dilihat dalam inframerah radiasi.

Sebuah galaksi lenticular merupakan bentuk peralihan yang memiliki sifat galaksi elips baik dan spiral. Ini dikategorikan sebagai tipe S0 Hubble, dan mereka memiliki rebakan-didefinisikan lengan spiral dengan halo elips dari bintang. ( Barred galaksi lenticular menerima Hubble klasifikasi SB0.)

Selain klasifikasi yang disebutkan di atas, ada sejumlah galaksi yang tidak dapat dengan mudah diklasifikasikan ke dalam morfologi elips atau spiral. Ini dikategorikan sebagai galaksi tidak teratur. Sebuah galaksi IRR-I memiliki struktur beberapa tapi tidak sejajar rapi dengan skema klasifikasi Hubble. IRR-II galaksi tidak memiliki struktur apapun yang menyerupai klasifikasi Hubble, dan mungkin telah terganggu.contoh Terdekat dari galaksi tidak teratur termasuk Awan Magellan (kerdil).

Dwarfs

Tak Beraturan
Meskipun keunggulan galaksi elips dan spiral yang besar, sebagian besar galaksi di alam semesta berwujud galaksi kerdil. Galaksi ini relatif kecil bila dibandingkan dengan formasi galaksi lainnya, menjadi sekitar satu ukuran seperseratus dari Bima Sakti, yang mengandung hanya beberapa miliar bintang. Ultra-kompak galaksi kerdil baru-baru ini telah menemukan bahwa hanya 100 parsecs lintasannya.

Galaksi kerdil Banyak mungkin mengorbit galaksi yang lebih besar tunggal, Bima Sakti memiliki setidaknya selusin satelit tersebut, dengan 300-500 diperkirakan belum ditemukan. Galaksi Dwarf juga dapat diklasifikasikan sebagai elips , spiral , atau tidak teratur. Karena ellipticals kurcaci kecil yang kecil sekali ellipticals besar, mereka sering disebut kurcaci galaksi bulat sebagai gantinya.

Sebuah studi dari 27 tetangga Bima Sakti menemukan bahwa di semua galaksi kerdil, massa sentral adalah sekitar 10 juta kali massa matahari , terlepas dari apakah galaksi memiliki ribuan atau jutaan bintang. Hal ini telah menyebabkan saran bahwa galaksi sebagian besar dibentuk oleh materi gelap , dan bahwa ukuran minimum dapat menunjukkan bentuk materi gelap hangat mampu koalesensi gravitasi pada skala yang lebih kecil.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

 
Gugusan Astronomi | © 2012 Modified by Astrogast Lab , Proudly Powered to You

Content by all trusted astronomy site and republished by gugusanastronomi.org